Jumat, 15 Oktober 2010

SEKILAS UNIVERSITAS GUNADARMA


SEKILAS UNIVERSITAS GUNADARMA
Sejarah Universitas Gunadarma
Kelompok manusia pendidik mulai melihat kenyataan baru ,melalui kaitan diantara Masyarakat dan Pendidikan,standar baru di dalam masyarakat perlu diimbangi pula oleh standar baru pendidikan.kalau masyarakat telah memasuki era baru dengan menerima kehadiran computer,maka pada tempatnyalah kalau pendidikan mulai pula merintis pengetahuan tentang komputer itu. Dan bersama itu, pendidikan computer merupakan salah satu standar baru di dalam dinamika pendidikan zaman sekarang.
Pada hari jumat  tanggal 7 Agustus 1981,mereka membuka pendidikan computer dengan nama Program Pendidikan Ilmu Komputer ( PPIK) yang menampung 91 orang mahasiswa. Dan pada hari senin  tanggal 10 Agustus 1981, Kuliah pertama di mulai. Kuliah inipun berkembang sehingga menuntut suatu wadah yang lebih mantap. Melalui asuhan Yayasan Pengembangan Sistem Analisis dan Operation Research Matematika (SAOR Matematika), wadah pendidikan itu berubah menjadi Akademik Sains dan Komputer Indonesia (ASKI). Sejak itu meluncurlah suatu kegiatan untuk membangkitkan standar baru di dalam pendidikan. Kegiatan itu berbentuk pendidikan I  lmu Komputer dan Matematika.
Pendidikan Komputer dan Matematika inipun Kemudian dimantapkan lagi ke dalam wadah yang lebih tinggi yakni wadah yang berbentuk akademik ke wadah yang berbentuk akademik ke wadah yang berbentuk sekolah tinggi.pada hari kamis, tanggal 21 Juni 1984, Yayasan  Pengembangan Sistem Analis dan Operation  Research Matematika diganti  menjadi Yayasan Pendidika Gunadarma.sehari kemudian Pada hari selasa, tanggal 10 Juli 1984,melalui surat keputusan Yayasan Pendidikan Gunadarma. Secara resmi nama Gunadarma dikukuhkan ke dalam sekolah tinggi menjadi sekolah tinggi Komputer Gunadarma (STKG).untuk membangkitkan semangat belajar yang lebih tinggi di kalangan Mahasiswa,Pada hari jumat ,tangal 28 September 1984, diselenggarakanlah oleh Gunadarma upacara Wisuda pertama setara sarjana muda,untuk diulangi lagi pada hari selasa, tanggal 24 september 1985.
Dimensi pertama  adalah dimensi program pendidikan.pada hari sabtu tanggal 5 Oktober 1985,melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0424/0/1985,sekolah tinggi ini dinyatakan berstatus Terdaftar dengn nama baru Sekolah tinggi Manajemen  Info Gunadarma (STMIK Gunadarma).Gunadarma dapat mengasuh dua Jenjan Pendidikan yakni Jenjang Pendidikan Tinggi  Strata  satu (S1)serta Jenjang Pendidikan Tinggi Strata Nol (S0) dalam bentuk Diploma Tiga (D3).Bersama tatus itu, Sekolah Tinggi ini mengasuh dua Jurusan  yakni Jurusan Manajemen  Informatika (MI) dan Jurusan Teknik Komputer (TK).Maka pada tahun 1987 ini, STMIK Gunadarma telah mampu menyelenggarakan Wisuda sesungguhnya. Demikianlah pada hari sabtu,tanggal 24 Januari 1987, STMIK Gunadarma menyelenggarakan Wisuda Sarjana yang pertama.
Kemajuan di dimensi  program ini tidak hanya disitu.Pada hari senin tanggal 4 Januari 1988,Melalui surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. No. 006/O/1988,status Terdaftar  STMIK Gunadarma program studi Manajemen Informasi  dan Program Study Teknik Komputer dinaikkan menjadi status diakui.dan pada hari sabtu tanggal 12 Agustus 1989 melalui surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0490/O/1989,Status kedua Program Studi itu dinaikkan lagi menjadi status disamakan.
Pengembangan Program Pendidikan terus berlanjut sehingga pada hari Selasa tanggal 4 juli 1989, STMIK Gunadarma membuka lagi Jurusan baru yakni Jurusan Teknik Informatika (TI) dengan Program Studi Teknik Informatika.dan pada hari kamis,tanggal 20 Februari 1992 semua Program Studi di STMIK Gunadarma telah mencapai status disamakan.Pengembangan Program Pendidikan terus berlangsung,selain program Pendidikan Jenjang D3 dan S1,Perguruan tinggi ini juga melangkah maju ke Program Pendidikan Tinggi Strata Dua (S2) yang dikenal Program Pendidikan Magister.Pada hari senin,tanggal 10 Mei 1993, STMIK Gunadarma dilengkapi lagi dengan Program Pasca Sarjana Strata Dua Bidang Maajemen Sistem Informasi.
Disamping Bidang Manajemen Informatika,Teknik Komputer,dan Teknik Informatika.Gunadarma juga melangkah ke Bidang lain.pada hari sabtu tangal 13 Januari 1990 Gunadarma mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma atau dikenal STIE Gunadarma.di dalam STIE Gunadarma terdaftar dua Jurusan,yakni Jurusan Manajemen dan Jurusan Akuntansi.kalau Jurusan Akuntansi hanya mengasuh satu Pogram Studi,yakni Program Studi Akuntansi,maka Jurusan Manajemen  mengasuh lima Program Studi, Yakni Program Studi,yakni Program Studi Keuangan dan Perbankan, Manajemen Pemasaran,Manajemen Produksi,Manajemen Transfortasi dan Manajemen Koperasi. STIE Gunadarma memperoleh Status Terdaftar  pada hari kamis tanggal 16 Juni 1990 serta mulai berkuliah  pada hari senin tanggal 17 september 1990.
Sejalan dengan STMIK Gunadarma status STIE Gunadarma juga mengalami kemajuan yang pesat. Dari Status terdaftar memperoleh status di Akui dan kemudian Status Disamakan.sampai pada bulan September 1994,STIE telah menjalankan tiga kali Wisuda. Selanjutnya, bersamaan waktu dengan pembukaan Program Pendidikan Tinggi Strata Dua Bidang Manajemen Sistem Informasi pada STMIK dan STIE juga membuka Program Pendidikan Tinggi Strata dua di Bidang Manajemen Akuntansi.
Dimensi ke Dua adalah Prasarana da Sarana. Seperti Laboratorium, di samping perpustakaan dan Laboratorium  Komputer yang telah terbentuk sejak jaman PPIK,maka pada hari kamis,tanggal 16 September 1986 Gunadarma meresmikan Laboratorium Fisika,Laboratorium inilah yang  telah digunakan oleh Gunadarma untuk menyelenggarakan promosi Open House pada hari selasa tanggal 28 Maret 1989.Sekalipun tidak terwujud alat dan gedung,Sarana yang cukup penting di Gunadarma adalah Majalah Ilmiah Matematika da Komputer yang mulai terbit sejak bulan Januari 1985 dengan penerbitan lima kali setahun.

Sarana lain yang cukup berhasil di Gunadarma selama penerbitan buku dan diktat.telah banyak judul buku dan diktat yang dicetak oleh Gunadarma untuk keperluan kuliah para Mahasiswa. Selain dalam bentuk Konvensional  berupa buku,beberapa bahan kuliahpun telah diwujudkan dalam bentuk Audio dan Visual didalam Pita Vidio yang setiap saat dapat di tampilkan di layar Monitor.
Dimensi ketiga adalah kegiatan di luar Kurikulum.Kegiatan Gunadarma yang paling menonjol adalah di Bidang Catur.Gunadarma adalah nama arsitek tenar yang membangun Candi Borobudur,Yakni suatu Monumen Besar sepanjang sejarah kita.
Di dalam pelaksanaan pendidikannya itu , Unsur Guna dan unsur Darma senantiasa menjadi pegangan untuk dijadikan subangsih Gunadarma kepada masyarakat dan Ilmu. Dalam rangka inilah Laboratorium,Pustaka,dan Jurnal memperoleh perhatian Gunadarma.di dalam ribaannya,terdapat Laboratorium Gunadarma (LG) yan mewakili berbagai Laboratorium dan bengkel yang di dalam Gunadarma serta Pustaka Gunadarma (PG) yang mewakili Perpustakaan,penerbitan buku dan penerbitan Jurnal berupa Matematika dan Komputer yang kelak dapat disusul dengan penerbitan Jurnal lainnya.
Di dalam dua wadah yan berupa LG dan PG,tiga serangkai Laboratorium ,Pustaka dan Jurnal Ilmiah di Gunadarma ini merupakan satu kesatuan utuh untuk mewujudkan subangsih gunadarma  di dalam bentuk Guna dan Darma.sejalan dengan usia Gunadarma yang masih muda,mereka juga masih begerak dari taraf awal dari kegiatan mereka. Namun,melalui perhatian yang besar dari para pengasuh Gunadarma,mereka di harapkan dapat berkembang secara wajar untuk mewujudkan cita – cita Gunadarma dari STMIK Gunadarma ke STIE Gunadarma,ke program Pasca Sarjana Gunadarma.
Didalam rangka inilah,tiga serangkai itu mencoba untuk menyusun  sejumah kegiatan yan dapat mencerminkan cita – cita Gunadarma.di dalam Kegiatan itu terdapat Penelitian,Kelompok Studi,dan Penataran.Didalam Pembangunannya, Gunadarma  selalu bersikap selektif.Prioritas pembangunan selalu mengarah  kepeningkatan Mutu.satapak demi setapak ,Gunadarma berusaha mengutamakan pengadaan ruang Belajar,ruang Laboratorium,ruang  pustaka dan sarana publikasi.mereka itulah unsur pokok dalam pembinaan mutu,baik mutu para dosennya  maupun mutu para mahasiswa.
Demikianlah disamping ruang belajar,pustaka,Laboratorium,dan Majalah,kelompok gemar belajar  merupakan aset Gunadarma selalu diutamakan di dalam pembangunan Gunadarma.kelompok gemar belajar ditargetkan untuk menjadi inti penggerak pendidikan di lingkungan Gunadarma.Dan kegemaran belajar ini pula yang akan ditanamkan di kalangan mahasiswa yang telah memilih Gunadarma sebagai Almamater mereka.Gunadarma bercita –cit untuk meningkatkan dirinya dari wadah Sekolah Tinggi ke wadah yang lebih tinggi lagi,yakni ketingkat Universitas.
Gunadarma adalah suatu keseluruhan yang bernama Gunadarma.Gunadrama bukan hanya Sekedar STMIK Gunadarma,demikian juga Gunadarma bukan hanya sekedar STIE Gunadarma.Gunadarma juga bukan hanya sekedar Program Pasca Sarjana Gunadarma.Gunadarma adalah keseluruhan yang bernama Gunadarma,dari STMIK,STIE,ke berbagai wadah perkembangan lainnya sampai ke Universitas Gunadarma.di dalam Gunadarma terdapat LG dan PG,di dalam Gunadarma terdapat Laboratorium,pustaka,dan Jurnal Ilmiah, di dalam Gunadarma terdapat Penelitian ,kelompok Studi,dan penataran,di dalam Gunadarma terdapat budaya Gunadarma dalam wujud lingkungan belajar yang mewadai,di dalam Gunadarma terdapat Guna  bagi masyarakat dan Darma bagi Ilmu,dan di dalam Gunadarma terdapat sumbangsih guna dan darma yang diberikan oleh Gunadarma kepada masyarakat.


Ternyata cita – cita ini tidak berhenti sebagai cita – cita saja.setelah 15 tahun lamanya lembaga pendidikan ini berdiri sambil merayap dari program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) yang bersahaja ke Akademik Sains da Komputer Indonesia (ASKI) yang lebih sederhana ke STMIK dan STIE Gunadarma yang lebih mantap,maka pada tahun 1996 lembaga pendidikan itu berhasil sampai ke taraf sudah lama di cita – citakan.melalui surat keputusan  Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No.92/KEP/DIKTI/1996,tanggal 3 April 1996.Lembaga pendidikan itu berhasil di kukuhkan menjadi Universitas Gunadarma (UG).di bawah naungannya terhadap sejumlah Fakultas dari Fakultas Ilmu Komputer,Fakultas Teknologi Industri,fakultas Ekonomi,dengan program studi yang telah dimiliki status disamakan sampai ke Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan,Fakutas Psikologi,dan Fakultas Sastra yang sama sekali baru.mereka tersebar di tujuh kampus dari kampus A sampai kampus G.
Sejak tanggal 17 November 1997,berdasarkan suatu Evaluasi,Badan Akreditas Nasional (BAN)menyatakan lima Program studi pada strata satu sebagai terakreditasi.dan pada bulan Agustus 1998,kelima Program Studi pada strata satu itu yakni Akuntansi,Manajemen , Manajemen Informatika,Teknik Komputer dan Teknik Informatika,memperoleh tingkat A pada akreditasi BAN itu.
Pada saat Gunadarma mencapai usia 19 tahun,tibalah Gunadarma diujung abad ke -20.sebeum meninggalkan abad ke-20,Gunadarma masih sempat mengembangkan bidang akademiknya.Mulai tanggal 25 September tahun 2000,untuk pertama kalinya,Gunadarma membuka program Strata Tiga atau Program Doktor di bidang Ilmu Ekonomi.demikianlah dengan Program Jenjang Pendidikan Diploma (D3),Jenjang Pendidikan Sarjana (S1), Jenjang Pendidikan Magister (S2), Jenjang Pendidikan Doktor (S3),41 Laboratorium,beserta sekitar 13.000 alumni Jenjang D3,19.000 lebih alumni jenjang S1,dan 400lebih alumni Jenjang  S2,Gunadarma meninggalkan abad ke -20 dan milennium ke-2.
Pada tahun 2001,Gunadarma memasuki abad ke -21 dan millennium ke -3 dengan 26.000 lebih mahasiswa yang di asuh oleh 1.100 lebih tenaga pengajar.di awal abad baru ini,gunadarma merayakan ulang tahun ke -20 dan meneruskan misi pendidikannya sambil terus berusaha meningkatkan mutunya.kesempatan pengembangan pertama di dalam abad ini terjadi pada tahun 2003.sejak januari 2003,bekerja sama dengan Unervisite de Bourgogne dari kota Dijon, Perancis, Gunadarma membuka lagi Program Pendidikan Jenjang S3 di bidang Teknologi Informasi/Ilmu Komputer.Pengembangan berikutnya Terjadi Pada tahun 2004,ketika Gunadarma mulai meluluskan doctor di bidang Ilmu Ekonomi.





      ARTI DAN LAMBANG UNIVERSITAS GUNADARMA

Tangkai Obor Berdiri Tegak
“Melambaikan keteguhan hati untuk meyumbangkan dharma bakti kepada Nusa dan Bangsa”.
Cawan Obor yang Melebar dan Cekung
“Adalah wadah dari ilmu pengetahuan yang luas dan mendalam”.
Kobaran Api yang Kuning Keemasan
“Menunjukkan semangat juang yang tak pernah padam dalam menutut ilmu dan menyumbangkannya kepada masyarakat”
Bentuk Lingkaran yang Berwarna Ungu
“Adalah suatu bentuk geometris yang member ciri pada ilmu pengetahuan yang ditekuni dan dikembangkan”.
Bingkai Segi Lima
“Menyatakan bahwa Universitas Gunadarma berazaskan Pancasila”.



VISI,MISI dan TUJUAN UNIVERSITAS GUNADARMA

VISI
“Menjadi Universitas berbasis Teknologi Informasi yang terkemuka di Indonesia”.
MISI
“Memberi kontribusi dalam pembangunan ekonomi yang berkesinambungan dan meningkatkan kemakmuran  masyarakat,menyumbang pendidikan yang bermutu tinggi pada masyarakat sebagai sarana untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas,professional,kompeten dan sesuai dengan kebutuhan bangsa untuk saat ini dan akan dating,memainkan peranan penting dalamilmu yang berbasis teknologi Informasi dan pengembangan Teknologi,memenuhi kebutuhan masyarakat melalui pengenalan ,pengalihan dan penyebaran ilmu pengetahuan yang relevan untuk mencapai kualitas standar nasional dan internasional perguruan tinggi dengan berfokus pada integrasi Teknologi Informasi dalam setiap aspek kehidupan manusia”.
TUJUAN
“Menjadikan program studi yang ada sebagai program pendidiksn unggulan masa depan yang berbasiskan Teknologi Informasi dan mampu menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang relevan dengan tuntutan kebutuhan pembangunan Bangsa dan Negara”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar