Jumat, 15 Oktober 2010

Pengertian Manusia


Dalam ilmu Eksakta “Manusia merupakan makhluk biologis yang tergolong dalam suatu makhlik mamalia”.dalam ilmu ekonomi  “Manusia dianggap sebagai kumpulan dari partikel –partikel yang membentuk jaringan –jaringan system yang dimiliki oleh manusia”.sedangkan menurut ilmu fisika “Manusia merupakan kumpulan dari berbagai system fisik yang terkait satu sama lain,dan merupakan kumpulan dari suatu energy”.
Unsur – Unsur  yang Membangun Manusia
Sesuai topik saya kai ini,tentang beberapa unsur – unsur  yang membangun manusia ,saya akan menjabarkan beberapa faktor – faktor  yang membangun manusia itu sendiri.Jika berbicara tentang Manusia,pasti akan menjadi pembicaraan  yang sangat panjang dan tidak ada habisnya.karna ciptaan Tuhan yang sangat sempurna ini  terdapat banyak sekali hal  yang dapat dijadikan bahan obrolan atau perbincangan.Sebenarnya ada banyak sekali unsur  yang membangun Manusia,namun disederhanakan  lagi menjadi 2 klasifikasi,yaitu Unsur Jasmani dan Unsur Rohani.
1.       Unsur Jasmani adalah semua hal yang berhubungan dengan kebutuhan fisik manusia.seperti: makan,minum,tidur,dll.yang jika tidak di penuhi maka akan berakibat buruk bagi manusia itu sendiri.
2.       Unsur Rohani adalah semua hal yang berhubungan dengan kebutuhan rohani atau hati dan perasaan manusia.seperti: agama atau keyakinan, ketenangan hati, rasa aman dan nyaman serta bahagia,dll.
Adapun beberapa Unsur lain yan membentuk Manusia diantaranya :
1.       Jasad adalah badan kasar manusia yang Nampak pada luarnya (dapat diraba )dan di foto yang menempati ruang dan waktu.
2.       Hayat adalah yan mengandung unsur  hidup , yang di tandai dengan gerak.
3.       Ruh merupakan bimbingan dari Tuhan, serta daya yang bekerja  secara spiritual dan memahami kebenaran, suatu kemampuan mencipta yang bersifat konseptual yang  menjadi pusat lahirnya kebudayaan.
4.       Nafs adalah diri atau kelakuan, yaitu kesadaran tentang diri sendiri.
Sebagai satu kepribadian Manusia mengandung 3 Unsur diantaranya adalah :
1.       Id adalah struktur kepribadian manusia yang tidak tampak sama sekali.Id merupakan libido murni atau energy psikis  yang menunjukan ciri alami Manusia yang Irrasional  dan terkait dengan Sex.
2.       Ego merupakan bagian atau struktur kepribadian manusia itu sendiri.perkembangan Ego terjadi antara usia satu dan dua tahun.
3.       Superego merupakan struktur kepribadian yang paling akhir, muncul pada usia lima tahun.dibandingkan dengan Id dan Ego, Superego yang berkembang secara internal dalam diri individu , Superego terbentuk dari ingkungan Eksternal.

Hakekat Manusia
Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.Tubuh merupakan materi yang dapat dilihat, diraba, dirasa, wujudnya konkrit tetapi manusia tidak abadi atau kekal,pada saat Manusia meninggal, tubuhnya atau jasadnya akan hancur dan lenyap di makan waktu.
Manusia adalah Makhluk ciptaan tuhan yang paling sempurna, jika dibandingkan dengan makhluk lainnya.Pada hakekatnya Manusia memiiki satu perasaan yang dapat mempengaruhi jiwa dan raga manusia secara keseluruhan, misanya :
1.       Perasaan Intelektual, yaitu perasaan yang berkenaan dengan pengetahuan.
2.       Perasaan Relegius, yaitu perasaan yang berkenaan dengan agama dan kepercayaan.
3.       Perasaan Sosial, yaitu perasaan yang berkenaan dengan kelompok dan masyarakat.
4.       Perasaan Estetis, yaitu perasaan yang berkenaan dengan keindahan.
5.       Perasaan Etis, yaitu perasaan yang berkenaan dengan kebaikan.
6.       Perasaan Diri, yaitu perasaan yang berkenaan dengan harga diri.
A.  Makhluk Biokultural, yaitu makhluk hayati dan budayawi.Manusia merupakan produk dari saling tindak atau interaksi faktor – factor hayati dan budayawi. Dan pada hakekatnya manusia mempunyai sifat makhluk biokultural yaitu makhluk hayati yang budayawi.
B.  Manusia juga pada hakekatnya adalah makhluk ciptaan tuhan yang terikat dengan lingkngan (ekologi) karna kemampuaanya bekerja dan bekarya
C.  Makhluk ciptaan tuhan yang terkait dengan lingkungan (ekologi), mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuan bekerja dan bekarya.
Mengapa Manusia dikaitkan dengan Kemanusiaan
Karena pada dasarnya Manusia adalah Makhluk Individu yang berjiwa sosial, manusia memiliki sifat ketergantungan dengan orang lain,karna pada dasarnya manusia tidak dapat berdiri sendiri. Dan memiliki rasa dan jiwa kebersamaan dan nasib sepenanggungan, karna mereka mengerti dan mengamalkan PANCASILA dan makna “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya berbeda – beda,tetapi tetap satu jua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar