Jumat, 15 Oktober 2010

DEFINISI SISTEM OPERASI SECARA UMUM DAN MACAM-MACAM OPERASI


DEFINISI SISTEM OPERASI SECARA UMUM DAN MACAM-MACAM OPERASI
PENGERTAN SISTEM OPERASI
Sistem operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat dinyalakan. Sedangkan software-software lainya dijalankan setelah sistem operasi berjalan, dan sistem operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Diantaranya seperti akses ke Disk, manajemen memori, skedulineg task, dan antar muka use. Sehingga software tidak perlu lagi melakukan tugas inti umum tersebut.
Sistem operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakuan input dan output terhadap perlatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Sistem operasi mengatur skedule untuk semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU).
Sistem operasi secara umum tediri dari beberapa bagian, diantaranya :
1.       Mekanisme Boot, yaitu meletakan kernel ke dalam memori.
2.       Kernel, yaitu inti dari sebuah sistem operasi.
3.       Command Interpreter atau Shell, yang bertugas membaca input dari pengguna.
4.       Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar  yang dapat di buat oleh aplikasi lain.
5.       Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.

DOS adalah satu aplikasi sistem operasi yang mengizinkan berjalan pada satu waktu sedangkan Multi-tasking Operating Sistem atau operasi UNIX mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan.sistem operasi juga perlu menjaga kerusakan sistem komputer dari gangguan program perusak yang berasal dari komputer lainnya seperti Virus.  Contoh sistem operasi diantarannya : Windows. Linux, Free BSD, Solaris, Palm, Symbian.
Kita sering mendengar istilah API ( Aplication Programming Interface). API adalah program aplikasi yang dapat berkomuikasi dengan sistem operasi lainnya. Dengan melalui antar muka user.
Adapun sistem operasi terbagi menjadi 3 kelompok diantarannya:
1.       Microsoft Windows, terdiri dari Windows Dekstop Enviroment, Windows NT.
2.       Unix, terdiri dari sistem operasi POSIX, SCO UNIX,GNU/LINUX, MacOS/X dan GNU/Hurd.
3.       Mac OS adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Maccintosh. Contohnya: Mc OS X Versi 10,4. (Tiger).
PROSES
Proses adalah suatu bagian dari program yang berada pada status tertentu dalam rangkaian eksekusinya. Program adalah sederetan instruksi yang diberikan kepada suatu komputer. Sedangkan prosesor adalah sebuah chip dalam sistem komputer yang menjalankan instruksi-instruksi program komputer. Sebuah prosesor hanya dapat menjalankan satu instruksi dalam satu waktu dan prosesor hanya menjalankan satu proses dalam satu waktu kemudian secara cepat berpindah menjalankan proses lainnya begitupun seterusnya.
Suatu sistem operasi dapat juga merubah nilai prioritas proses tertentu, contohnya : pada proses yang sudah terlau lama menunggu eksekusi sistem operasi menaikan nilai prioritasnya.
STATUS PROSES
Terdiri dari 3 macam status umum antara lain :
1.       Ready, yaitu status dimana proses siap untuk dieksekusi pada giliran berikutnya.
2.       Running, yaitu status dimana saat ini proses sedang dieksekusi oleh prosesor.
3.       Blocket, yaitu status dimana proses tidak dapat dijalankan pada saat prosesor siap atau bebas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar