Jumat, 15 Oktober 2010

PEMASARAN VS PENJUALAN


PEMASARAN VS PENJUALAN
A.Persamaan dan Perbedaannya
Adapun persamaan antara pemasaran dan penjualan ialah sama – sama bertujuan untuk menjual barang atau jasa dengan uang.namun ada beberapa yang berpendapat bahwa pemasaran dan penjualan tidak sama.mengapa demikian?karna pemasaran merupakan keseluruhan proses pemenuhan kebutuhan terhadap suatu barang atau jasa yang meliputi 4P (Product, Price, Place, Promotion).Sedangkan penjualan meupakan antara penawaran (Supply) dan permintaan (Demand).Penjualan merupakan hasil akhir dari pemasaran.Jadi penjualan merupakan bagian dari pemasaran.
Sedangkan perbedaanny adalah Penjualan hanya bertujuan untuk menjual barang. Sedangkan pemasaran adalah suatu penjualan barang atau jasa yang menggunakan cara dirancang atau di rencanakan sedemikian rupa untuk memaksimalkan suatu profit yang bagus untuk di peroleh.

Ruang Lingkup : berdasarkan pernyataan di atas bahwa terlihat jelas lebih luas pemasaran di bandingkan penjualan.karna penjualan adalah bagian dari pemasaran.

A.    Macam – Macam konsep Pemasaran.
a.     Konsep produk.
b.     Konsep produksi.
c.      Konsep pemasarn secara luas dan umum.
d.     Konsep penjualan.
B.    Macam – Macam Penjualan
a.     Penjualan secara langsung.
Penjualan secara langsung adalah suatu proses penjualan yang bertemu langsung dengan si pelaku(bertatap muka)tanpa melalui perantara.
b.     Penjualan secara tidak langsung.
Penjualan secara tidak langsung ini adalah  Penjualan yang melalui online dan tidak langsung bertemu atau bertatap wajah dengan ownernya,bisa melalui internet,amail,via sms atau via telphont.
C.     Syarat – Syarat dalam penjualan.
1.     Adanya Penjual.
2.     Adanya Pembeli.
3.     Adanya barang yang di perjual belikan,dan barang tersebut tidak ada cacatnya atau kekurangan sedikitpun.
D.    Strategi dalam Pemasaran antara lain:
1.     Daur hidup produk.
2.     Posisi persaingan perusahaan di pasar yang bagus.
3.     Situasi ekonomi.
E.     Srategi dalam Penjualan sebagai berikut:
1.     Tempat yang strategis dan banyak di kunjungi oleh para pengunjung.
2.     Harga miring atau lebih rendah dan murah dari pada yang lain.
3.     Kualitas barang terjamin.
4.     Produk baru yang perjual belikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar