Jumat, 07 Januari 2011

Dasar Pemasaran

MAKALAH



DASAR PEMASARAN



Oleh : Bapak Herry Sussanto







Pasar & pemasaran






Di susun Oleh



Mia Trisna Sari






Kata pengantar



Segala puji dan sukur saya panjatkan kehadirat Allah AWT, yang telah memberikan rahmat dan Hidayahnya.
Sehingga Makalah yang berjudul “Pasar dan Pemasaran“ dapat saya selesaikan tepat pada waktunya.

Semua Materi dan Pembahasan dalam Makalah ini di dasarkan oleh beberapa buku penunjang. Dengan demikian, saya mengharapkan Makalah ini dapat bermanfaat dan di pergunakan dengan sebaik-baiknya.

Penulis juga menyadari bahwa dalam penyusunan Makalah ini masih terdapat banyak kekurangan dan kelemahan oleh karna itu, saya mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca, untuk perbaikan saya nantinya di masa yang akan datang.









Depok , September 2010


















BAB 1 : PASAR

A.pengertian Pasar

Pasar adalah Tempat bertemunya calon pembeli dan calon penjual yang memperjualbelikan Barang dan Jasa.

B.Syarat Pasar sebagai berikut :

Ada penjual yang akan menjual barang dan jasa.
Ada pembeli yang memerlukan atau membeli barang dan jasa.
Ada barang dan jasa yang akan di perjualbelikan.
Terjadinya interaksi antara Penjual dan pembeli melalui proses tawar-menawar.
Tersedianya Media untuk Interaksi antara penjual dan pembeli.

C.Fungsi Pasar sebagai berikut :

Sebagai tempat bertemunya calon penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli Barang dan jasa.
Sebagai tempat penyaluran barang dan jasa.
Sebagai sarana untuk memindahkan komodity (barang) dari seseorang ke orang lain (satu pihak ke pihak lain).
Sebagai tempat penghimpunan barang dan jasa.
Sebagai tempat mempromosikan produk-produk baru yang belum dikenal Konsumen.

D.Macam_macam Pasar :

Di bagi menjadi dua bagian :

1.Pasar Abstrak

Pasar Abstrak adalah Proses Interaksi antara penjual dan pembeli dalam rangka mencapai kesepakatan harga dan jasa yang akan di perjualbelikan.

Syarat Pasar Abstrak :

a.Penjual dan pembeli tidak bertemu langsung.
b.Barang yang di tawarkan berupa Contoh atau Brosur.

2.Pasar Nyata (Kongkrit)

Pasar Nyata (Kongkrit) adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli yang melakukan tawar-menawar dan transaksi jual beli terhadap suatu barang dagangan yang sudah tersedia di Pasar tersebut.

Syarat Pasar Nyata (Kongkrit) :
a.Ada penjual dan Pembeli yang bertemu secara langsung.
b.Ada barang yang di jual belikan, dan lain-lain.

E.Fungsi dan peranan Pasar

1.Fungsi Distribusi
Pasar berfungsi memperlancar penyaluran barang-barang dari Produsen ke konsumen.
2.Fungsi pembentukan Harga
3.Fungsi Promosi
Dalam hal ini pasar berfungsi sebagai tempat Promosi bagi Produsen.

Sebagai salah satu tempat kegiatan Ekonomi, pasar mempunyai beberapa manfaat bagi Masyarakat di antaranya sebagai berikut :

1.Manfaat Pasar bagi Produsen :

Sebagai tempat untuk memperkenalkan hasil Produksi secara langsung.
Sebagai tempat untuk mempromosikan barang hasil Produksi.
Sebagai tempat untuk menjual hasil Produksi.
Sebagai tempat untuk mendapatkan barang-barang yang di butuhkan untuk produksi.
Sebagai tempat untuk memudahkan mendapatkan tenaga kerja untuk proses produksi.

2.Manfaat Pasar bagi Konsumen :

Sebagai tempat untuk mendapatkaan barang dan jasa yang akan di gunakan untuk memenuhi kebutuhan.
Sebagai tempat untuk mendapatkan Impormasi tentang harga-harga barang, dan lain-lain.
3.Manfaat Pasar bagi Sumber Daya Manusia (SDM):

Sebagai tempat untuk bekerja mencari nafkah.
Sebagai tempat untuk mencari pekerjaan.

4.Manfaat pasar bagi Pemerintah :

Sebagai tempat untuk mendapatkan penghasilan Pemerintah melelui Retribusi.
Sebagai tempat menjalankan peraturan Perekonomian.
Sebagai tempat untuk mendapatkan impormasi Ekonomi yang akan di gunakan untuk membuat dan menetapkan kebijakan Ekonomi pada masa yang akan datang dan lain-lain.













Daftar Pustaka


Boediono 1990 Ekonomi Mikro Jogjakarta : BPFE

Sodono Sukirno 1994 pengantar Mikro Ekonomi Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Soekanto Soerjono 1984 beberapa teori tentang struktur Masyarakat Jakarta : CV. Rajawali.
























Pendahuluan :


Setiap orang pasti mengetahui tentang “Pasar”, baik itu pasar Tradisional hingga pasar Modern, di Jaman Globalisasi sekarang ini strategi-strategi Pemasaran sangat di butuhkan agar kegiatan yang ada di pasar tidak tertinggal dengan perkembangan Jaman khususnya pasar Tradisional.


Pasar dapat memberikan manfaat besar bagi kebutuhan hidup Manusia maupun kehidupan Perekonomian suatu Negara, karna pada dasarnya proses Perekonomian sangat mendukung maju atau tidaknya Ekonomi suatu Negara tersebut.


Hingga saat ini pasar hanya di kunjungi oleh Masyarakat pada hari-hari besar tertentu, Contoh : Idul Fitri, Natal, Tahun baru.

Padahal seharusnya pasar harus tetap ramai agar Perekonomian Negara tetap maju.

























BAB lll : PENUTUP

A. Kesimpulan :

Sari pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :

Pasar merupakan tempat terjadinya proses jual beli .

Pasar dapat memberikan manfaat besar bagi kebutuhan hidup manusia maupun Perekonomian Negara.

Kegiatan pemasaran untuk menjalankan bisnis barang dan jasa untuk mencapai tujuan Perusahaan.

Pemasaran sangat di butuhkan agar proses yang terjadi di pasar dapat berjalan dengan lancar.

B. Saran :

Oleh karena itu, berbelanjalah di pasar, baik itu pasar Tradisional maupun Modern, karena dapat meningkatkan mutu pasar dengan baik dan dapat membantu Perekonomian Negara kita.








Daftar Isi :

Kata Penagantar.

Daftar Isi.

Pendahuluan.

ISI :

BAB 1 : A. Pasar

1.Pengertian pasar
2.Syarat-syarat pasar
3.Fungsi-fungsi pasar
4.macam-macam pasar

B. Fungsi dan peranan pasar

C. Beberapa manfaat pasar bagi Masyarakat

BAB ll : A. Pemasaran

1.Pengertian pemasaran.
2.Macam-macam konsep pemasaran.
3.Lingkungan sebuah system pemasaran.

B.Strategi Pemasaran

C.Macam-Macam Strategi Pemasaran


BAB lll : Penutup

1.Kesimpulan

2.Saran






BAB ll : PEMASARAN

Pemasaran adalah Kegiatan Manusia yang di serahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses Pertukaran.

Macam-macam Konsep Pemasaran

1.Konsep pemasaran
Temukan keinginan pasar dan penuhilah.
Cintailah pelanggan , bukan Prosuk Anda.
Lakukanlah menurut cara anda (Burger King ).
Andalah yang menentukan (United Airlines).

2.Konsep Produksi
3.Konsep Produk
4.Konsep Penjualan

Lingkungan sebuah sistem Pemasaran.

A. Lingkungan Marko Ekstern , antara lain :

a.Demografi (Kependudukan)
b.Kondisi Ekonomi
c.Teknologi
d.Persaingan
e.Kekuatan Sosial dan Budaya

B. Lingkungan Makro Eksternal :

a.Pasar (Market)
b.Pemasok
c.Pialang ( Marketing Intermediaries)

C. Lingkungan Non Pemasaran Intern.

A. STRATEGI PEMASARAN :

3 Faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam Pemasaran yaitu :

a. Daur Hidup produk
b. Posisi Persaingan Perusahaan dan pasar
c. Situasi Ekonomi

B. MACAM-MACAM STRATEGI PEMASARAN

1. Strategi kebutuhan Primer

Strategi Kebutuhan Primer adalah menambah jumlah pemakai dan meningkatkan jumlah pembeli.

2. Strategi kebutuhan selektif
Dengan cara :

a.Mempertahankan pelanggan misalnya :
1.Memelihara kepuasan pelanggan
2.Menyederhanakan proses pembelian

b.Menjaring pelanggan (Acqulstion Strategier)
1.Mengambil posisi berhadapan (Head-to heas positioning)
2.Mengambil posisi berbeda ( differentiated position)


Secara lebih jelas strategi pemasaran dapat di bagi ke dalam 4 jenis yaitu :

1.Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.
2.Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.
3.Merangsang kebutuhan primer dengan Selektif dan mempertahankan pelanggan yang ada.
4.Merangsang kebutuhan primer dengan menjaring pelanggan baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar